Sistem Pembelajaran

TPA Baitul Hikmah dalam proses belajar mengajarnya telah menyusun sistem pembelajaran tersendiri. Sistem ini dibuat berdasarkan atas pengalaman mangajar selama ini. Sistem ini bertujuan bagaimana mengakomodir para santri yang mempunyai rentang umur yang jauh dengan kondisi pembelajaran tidak dilakukan di dalam kelas yang kondusif.

Sistem pembelajaran yang pertama adalah :
1. Stadium General

Metode stadium general dilakukan ketika santri baik laki-laki maupun perempuan melaksanakan shalat jamaah asyar. Ustadz/ah mengawasi dan mendapingi shalat yang dilaksanakan oleh para santri. Jikalau ada bacaan atau gerakan yang salah makan akan langsung dibenarkan. Setelah dzikir setelah shalat selesai dilanjutkan dengan pemberian rivew atau evaluasi kepada santri mengenai shalatnya berkaitan dengan syarat dan rukun serta sunnah-sunnahnya. Selain itu, ustadz/ah juga memberikan beberapa nasehat baik berupa kultum, cerita ataupun tadarrus dan tahfidz juz amma bersama-sama. Pembelajaran dengan metode Stadium General ini dimaksudkan agar para santri mampu memahami, melakukan dan membiasakan shalat dan pemahaman dasar-dasar agama islam seperti tauhid, fiqh, tarikh dan lain sebagainya.
2. Metode Pengkelasan

TPA Baitul Hikmah membagi para santri menjadi tiga kelas berdasarkan kemampuannya membaca Huruf Al Quran. Kelas tersebut adalah TKA, TPA, TKA. Kelas TKA disediakan untuk anak yang masih belum mengenal huruf hijaiyah sampai dengan Iqra’ tiga. Kelas TPA disediakan untuk anak yang iqra’ empat sampai dengan iqra’ enam. Kelas Al Quran adalah untuk santri yang sudah dapat membaca Al Quran. Dalam pembelajarannya menggunakan metode Sorogan/privat/santri membaca satu per satu di depan ustadz/ah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s